Penelusuran yang terkait dengan sakit punggung

Ketika punya niat bekerja lebih giat, ada saja hambatannya. Misalnya sakit punggung yang tiba-tiba datang tanpa diundang. Seketika punggungmu nggak bisa bergerak. Alhasil kamu cuma bisa terdiam dan membuat kerjaanmu mangkrak. Sakit punggung itu membuat pekerjaanmu semakin menumpuk.  
Bila terus menerus dibiarkan, nyeri pada bagian punggung ini akan menyusahkan yang lainnya. Misalnya pekerjaan yang nggak kunjung selesai dan pada akhirnya membuatmu stres. Karena itu kamu harus segera mencari solusinya. Tenaaang, begini cara ampuh mengusir nyeri pada punggungmu:  
Rutin Olahraga  
Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah nyeri punggung datang kembali adalah menjaga olahraga secara teratur. Orang-orang yang sebelumnya memiliki sakit punggung dan mengambil 2-3 kelas latihan dalam seminggu tercatat mampu mengurangi risiko sakit sebesar 45 persen. Latihan memperkuat otot-otot yang mendukung punggung, mengurangi depresi, masalah tidur dan kelelahan yang semuanya dapat berkontribusi mengusir masalah nyeri.  
Sebelumnya istirahat dianggap sebagai penanganan yang mungkin dapat meringankan nyeri punggung. Namun kini dipercaya bahwa tubuh yang nggak bergerak aktif dalam jangka panjang justru berakibat buruk bagi punggung. Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat menjadi solusi yang tepat.  
Berpikir Positif  
Ketika hidupmu penuh dengan stres, kamu mungkin menginternalisasi kecemasan dan dapat mengencangkan otot-ototmu. Hal itu dapat memicu nyeri punggung bawah atau membuat sakit yang lebih buruk. Semakin sakit yang kamu rasakan, semakin besar kemungkinan kamu sulit beraktivitas. Jadi penting untuk mencari tahu apa yang dapat membantu kamu mengalihkan perhatian misalnya beberapa musik lembut.  
Relaksasi dapat mengurangi ketegangan otot sehingga membantu mengurangi nyeri yang diderita. Penderita yang selalu berpikiran positif juga terbukti lebih cepat sembuh dibandingkan penderita yang selalu cemas akan penyakit yang dideritanya.  
Butuh Bantuan Bola  
Mungkin saja bantuan untuk mengusir sakit punggung kamu ada di garasi atau gudangmu. Bukan barang lawas sih tapi bola pantai yang biasanya kamu atau adikmu buat lempar-lemparan. Rupanya bola yang biasanya terbuat dari plastik itu bisa membantu menyelamatkan punggungmu.  
Kamu bisa menggunakannya sebagai alat bantu. Misalnya menaruh di bagian belakang badanmu di kurva di tingkat pinggang. Ketika melakukannya, kamu harus merasakan garis vertikal imajiner dari pinggul melalui bahu ke atas kepala kamu.  
Dengarkan Musik  
Musik dapat meningkatkan hormon baik dalam tubuhmu. Musik juga dapat memicu respon emosional yang melambatkan otak ketika memproses rasa sakit. Bahkan, musik favorit dapat menurunkan sakit kronis hingga 21 persen bila didengarkan secara rutin menurut laporan penelitian dalam Journal of Advanced Nursing.  
Semakin kamu menyukai lagu, semakin besar manfaatnya. Mulai sekarang memilih musik yang menenangkan kamu, bawa ke kantor dan perdengarkan. Musik yang kamu sukai biasanya ampuh membuat mood menjadi lebih baik.  
Duduk yang Benar  
Bekerja di depan monitor dan hanya duduk hingga berjam-jam dapat membuat punggungmu mudah sakit. Dampaknya memang nggak bisa kamu rasakan secara langsung. Bila mulai merasakan sakit punggung, bisa dipastikan posisi dudukmu nggak benar.  
Sebaiknya untuk kamu yang bekerja di depan monitor dan hanya duduk untuk waktu yang lama seringlah berdiri. Lakukan peregangan otot dan berganti posisi duduk. Jangan hanya duduk saja dan cobalah untuk melakukan yang lain.
Latih Otot Perut
Kamu bisa melakukan perlindungan pada punggungmu dengan melakukan latihan ketika berdiri, duduk atau posisi berbaring. Latihan ini melatih otot-otot perut kamu sehingga dapat langsung menstabilkan tulang belakang. Hal ini sebagai jaga-jaga bila tiba-tiba jatuh sehingga dapat membantu mencegah cedera.
Kamu bisa melakukan latihan seperti ini. Jika di lantai atau di tempat tidur, berbaring telentang. Jika sedang duduk, berdiri tegak. Jika berdiri, mulai dari langkah B. Tempatkan tangan di sampingmu. Tarik napas dan ketika menghembuskan napas, perlahan-lahan kontraksikan otot perut. Tahan kontraksi selama 5 sampai 10 detik tapi nggak menahan nafasmu. Ulangi 10 kali.
Pemanasan Sebentar
Menatap ponsel atau tablet dengan waktu yang lama dapat mendatangkan malapetaka pada punggung. Mungkin kamu bisa merasakan stres otot dan ligamen di sepanjang leher yang dapat berpotensi buruk pada cakram di tulang belakang.
Biar nggak gampang sakit punggung kamu mesti sering melakukan pemanasan. Mengimbangi rasa sakit dari postur tubuh yang buruk dengan menekuk kepala perlahan-lahan kembali, ke depan dan untuk setiap sisi tiga kali sehari. Kamu juga bisa melakukan langkah ini. Lakukan latihan seperti posisi push up. Tekan ke telapak tangan untuk mengangkat dada. Tahan selama beberapa napas dalam-dalam kemudian turun untuk memulai lagi.
Terapi Pijat
Terapi pijat untuk punggung memanglah bisa diandalkan bila kamu sudah nggak tahan dengan nyeri. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pijat mingguan selama periode 10 minggu, dapat mengurangi sakit dan meningkatkan fungsional penderita sakit punggung kronis. Manfaatnya berlangsung sekitar enam bulan tapi akan berkurang setelah satu tahun. Pendekatan langsung lain adalah manipulasi tulang belakang yang dilakukan oleh spesialis berlisensi. Pengobatan ini termasuk latihan-latihan yang berbeda untuk menyesuaikan tulang belakang dan mengembalikan mobilitas yang hilang. Penelitian Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease (COPORD ) di Indonesia menemukan bahwa prevalensi nyeri punggung adalah 13,6 persen pada wanita dan 18,2 persen pada laki-laki. Insiden nyeri punggung dari berbagai gejala berdasarkan kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di Indonesia berkisar antara 3-17 persen. Bila nggak pengen masuk di dalam daftar pasien ini sebaiknya kamu mulai memperhatikan posisi duduk kamu. Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00142365.html#ixzz4X7wItMMX

Selasa, 31 Januari 2017

Google Alert - sehat

Google
sehat
Pembaruan harian 1 Februari 2017
BERITA
Ilmuwan menyampur makanan sehat dengan aroma buatan yang lebih lezat, hasilnya dapat membuat orang-orang memilih makanan yang lebih ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
SERAMBINEWS.COM - Rokok elektronik atau yang dikenal dengan vape sering diklaim sebagai jenis rokok yang sehat dibanding rokok biasa.
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Kebiasaan clean eating hanyalah satu dari lima pilar penting pola hidup sehat yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Berikut ini ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
TRIBUNPONIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Satu di antara program, untuk sedikit kekurangan tenaga dokter tersebut, pemerintah pusat melaksanakan ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Gerai Sehat Sodiquna didirikan berkat kerja sama Yayasan Sodiquna, LKC Dompet Dhuafa serta Yayasan Baitul Mal BRI (YBM BRI). Lembaga ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Pendirian gerai sehat ini diharapkan menjadi salah satu sarana yang dapat membantu masyarakat dalam mengentaskan derajat kesehatan kaum ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
"Kalau kulit kepala sehat, pasti rambutnya juga sehat. Caranya bisa pakai conditioner dan vitamin rambut setiap hari agar rambut sehat dari akar ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
SURYA.co.id | SURABAYA - Olahraga di tempat gym atau pusat kebugaran sekarang bukan lagi sebagai sarana menjaga kesehatan badan, tetapi ...
Google Plus Facebook Twitter Tandai sebagai tidak relevan
Lihat hasil lainnya | Edit lansiran ini
Anda menerima email ini karena Anda telah berlangganan Google Alerts.
RSS Terima lansiran ini dalam bentuk umpan RSS
Kirimkan Masukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar